Jumat, 14 Desember 2012



PAPAN FLANNEL
A.Pengertian  Papan Flannel




Papan flannel adalah papan yang berlapis kain flannel, sehingga gambar yang akan disajikan dapat dipasang dan dilepas dengan mudah dan dapat dipakai berkali-kali. Papan flannel termasuk salah satu media pembelajaran dua dimensi, yang dibuat dari kain flannel yang ditempelkan pada sebuah triplek atau papan.
Kemudian membuat guntingan-guntingan flannel atau kertas rempelas yang di letakkan di bagian belakang gambar. Flannel tersedia dalam berbagai variasi warna, murah, dan mudah didapat. Bahan laken (flet) dengan bulu-bulu halus juga dapat dimanfaatkan sebagai pengganti flannel walaupun biasanya harganya lebih mahal dibandingkan dengan flannel.
Media ini dapat digunakan untuk mengajarkan membedakan warna, pengembangan perbendaharaan kata-kata, dramatisasi, mengembangkan konsep memberi pesan tentang pokok-pokok cerita, membuat diagram, grafik dan sejenisnya.
Guru dapat  membuat papan flanel dengan melapisi seluas papan dengan kain flanel yang berwarna netral misalnya warna abu-abu,gambar tokoh-tokoh yang mewakili  perwatakan  dalam ceritanya digunting  polanya pada kertas yang dilapisi dengan kertas goso yang paling halus  untuk menampilkan  pada papan flanel supaya dapat melekat.gambar foto-foto itu dibeli dipasaran atau dikreasikan sendiri oleh guru  sesuia dengan tema  dan pesan-pasan  yang ingin disampaikan melalui bercerita.

b. Tujuan Pembuatan Papan Flannel
      1) Media ini dapat digunakan untuk mengajarkan membedakan warna, pengembangan                        perbendaharaan kata-kata, dramatisasi, mengembangkan konsep memberi pesan                           tentang pokok-pokok cerita, membuat diagram, grafik dan sejenisnya.
      2) Membantu pengajar untuk menerangkan bahan pelajaran.
      3) Mempermudah pemahaman pembelajar tentang bahan pelajaran.
      4) Agar bahan pelajaran lebih menarik.

c. Pembuatan Papan Flannel
Bahan-bahan:

1) Kain flannel/kertas rempelas/laken
2) Papan atau triplek
3) Lem
4) Gunting
5) Paku
6) Gambar atau pelajaran-pelajaran yang akan diajarkan.
Cara pembuatan papan flannel:
1) Siapkan papan atau triplek.
2) Tempelkan kain flannel/kertas rempelas/laken pada papan.
3) Kumpulkan gambar yang sesuai dengan bahan yang akan diajarkan.
4) Gambar yang akan digunakan bagian belakangnya ditempelkan kain flannel/kertas rempelas/laken kemudian gambar tersebut ditempelkan pada papan sehingga gambar tetap melekat pada papan flannel.

d. Kelebihan menggunakan papan flannel:
1) Gambar-gambar dengan mudah ditempelkan.
2) Efisiensi waktu dan tenaga.
3) Menarik perhatian pembelajar.
4) Memudahkan pengajar menjelaskan materi pelajaran.

e. Kelemahan menggunakan papan flannel:
1) Memerlukan waktu lama untuk mempersiapkan materi.
2) Memerlukan biaya yang mahal untuk mempersiapkannya.
3) Sukar menampilkan pada jarak yang jauh.
4) Flannel/laken mempunyai daya rekat yang kurang kuat.


Dalam  metodologi perkembangan bahasa AUD kami membahas  tentang metode bercerita mengunakan papan flannel kelompok kami  mengangkat cerita yang  berjudul  tentang  “Kakak Yang Curang Kakak Yang Malang ‘’dalam cerita ini terdapat pesan moral .
                                          “Kakak Yang Curang  Kakak  Yang Malang “
      Suatu pagi  ibu pulang berbelanja dipasar ,ibu membelikan 2 buah manggis   untuk kedua anaknya  reno dan nugie ternyata  ukuran  ke dua buah  itu berbeda .reno adalah siswa  dari  TK B  yang berusia 6 tahun .sedangkan nugie  adiknya berusia 3 tahun .pada jam 11.15 wib reno pulang dari  sekolahnya sedangkanb  adiknya nugie  saat itu masih teridur pulas, ibu menyuruh reno untuk  makan  ,setelah itu ibu mengeluarkan 2 buah manggis  yang baru dibeli ibu di pasar lalu ibu memutuskan  meberikan 2 buah manggis  yang berukuran kecil reno  dan meletakan  1 buah  manggis  yang tersisa untuk nugie  di atas meja makanya.
      Dengan perasaan sedikit kesal dan kecewa atas manggis pemberian ibunya ,reno berinisiatif  menukar buah manggisnya  dengan buah manggis  kepunyaan nugie. Seelah menukar buah tersebut,reno tidak sabar  ingin menikmati  buah itu .reno langsung mengupas buah itu dan ternyata  bagian tengah dari buah itu  sudah busuk  dan tidak dapat di makan ,reno semakin  kecewa atas perbuatan yang telah dilakukannya.
      Tidak lama kemudian nugie bangun ,lalu ibu memadikanya  kemudian menyiapkan  makanan untuk  nugie setelah makan nugie memintak  ibu untuk mengupaskan  buah untuknya.ibu mengupas buah tersebut didepan reno  dan nugie  ternyata buah  yang nugie  dapat masih  bagus dan terasa  manis  melihat kejadian itu  reno  menjadi  semakin  kecawa  dan menyesal lagi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Cari Blog Ini