PAPAN FLANNEL
A.Pengertian Papan Flannel
Papan flannel adalah papan yang berlapis kain flannel, sehingga gambar yang akan disajikan dapat dipasang dan dilepas dengan mudah dan dapat dipakai berkali-kali. Papan flannel termasuk salah satu media pembelajaran dua dimensi, yang dibuat dari kain flannel yang ditempelkan pada sebuah triplek atau papan.
Kemudian
membuat guntingan-guntingan flannel atau kertas rempelas yang di letakkan di
bagian belakang gambar.
Flannel tersedia dalam berbagai variasi warna,
murah, dan mudah didapat. Bahan laken (flet) dengan bulu-bulu halus juga dapat
dimanfaatkan sebagai pengganti flannel walaupun biasanya harganya lebih mahal
dibandingkan dengan flannel.
Media
ini dapat digunakan untuk mengajarkan membedakan warna, pengembangan
perbendaharaan kata-kata, dramatisasi, mengembangkan konsep memberi pesan
tentang pokok-pokok cerita, membuat diagram, grafik dan sejenisnya.
Guru dapat membuat papan flanel dengan melapisi seluas
papan dengan kain flanel yang berwarna netral misalnya warna abu-abu,gambar
tokoh-tokoh yang mewakili
perwatakan dalam ceritanya
digunting polanya pada kertas yang
dilapisi dengan kertas goso yang paling halus
untuk menampilkan pada papan
flanel supaya dapat melekat.gambar foto-foto itu dibeli dipasaran atau
dikreasikan sendiri oleh guru sesuia dengan
tema dan pesan-pasan yang ingin disampaikan melalui bercerita.
b. Tujuan Pembuatan Papan Flannel
1) Media ini dapat digunakan untuk mengajarkan membedakan warna, pengembangan perbendaharaan kata-kata, dramatisasi, mengembangkan konsep memberi pesan tentang pokok-pokok cerita, membuat diagram, grafik dan sejenisnya.
2) Membantu pengajar untuk menerangkan bahan pelajaran.
3) Mempermudah pemahaman pembelajar tentang bahan pelajaran.
4) Agar bahan pelajaran lebih menarik.
c.
Pembuatan Papan Flannel
Bahan-bahan:
1) Kain flannel/kertas rempelas/laken
2) Papan atau triplek
3) Lem
4) Gunting
5) Paku
6) Gambar atau pelajaran-pelajaran yang akan diajarkan.
Cara pembuatan papan flannel:
1) Siapkan papan atau triplek.
2) Tempelkan kain flannel/kertas rempelas/laken pada papan.
3) Kumpulkan gambar yang sesuai dengan bahan yang akan diajarkan.
4) Gambar yang akan digunakan bagian belakangnya ditempelkan kain flannel/kertas rempelas/laken kemudian gambar tersebut ditempelkan pada papan sehingga gambar tetap melekat pada papan flannel.
Bahan-bahan:
1) Kain flannel/kertas rempelas/laken
2) Papan atau triplek
3) Lem
4) Gunting
5) Paku
6) Gambar atau pelajaran-pelajaran yang akan diajarkan.
Cara pembuatan papan flannel:
1) Siapkan papan atau triplek.
2) Tempelkan kain flannel/kertas rempelas/laken pada papan.
3) Kumpulkan gambar yang sesuai dengan bahan yang akan diajarkan.
4) Gambar yang akan digunakan bagian belakangnya ditempelkan kain flannel/kertas rempelas/laken kemudian gambar tersebut ditempelkan pada papan sehingga gambar tetap melekat pada papan flannel.
d. Kelebihan menggunakan papan flannel:
1) Gambar-gambar dengan mudah ditempelkan.
2) Efisiensi waktu dan tenaga.
3) Menarik perhatian pembelajar.
4) Memudahkan pengajar menjelaskan materi pelajaran.
e. Kelemahan menggunakan papan flannel:
1) Memerlukan waktu lama untuk mempersiapkan materi.
2) Memerlukan biaya yang mahal untuk mempersiapkannya.
3) Sukar menampilkan pada jarak yang jauh.
4) Flannel/laken mempunyai daya rekat yang kurang kuat.
Dalam metodologi perkembangan bahasa AUD kami
membahas tentang metode bercerita
mengunakan papan flannel kelompok kami
mengangkat cerita yang
berjudul tentang “Kakak Yang Curang Kakak Yang Malang ‘’dalam
cerita ini terdapat pesan moral .
“Kakak
Yang Curang Kakak Yang Malang “
Suatu
pagi ibu pulang berbelanja dipasar ,ibu
membelikan 2 buah manggis untuk kedua
anaknya reno dan nugie ternyata ukuran
ke dua buah itu berbeda .reno
adalah siswa dari TK B
yang berusia 6 tahun .sedangkan nugie
adiknya berusia 3 tahun .pada jam 11.15 wib reno pulang dari sekolahnya sedangkanb adiknya nugie
saat itu masih teridur pulas, ibu menyuruh reno untuk makan
,setelah itu ibu mengeluarkan 2 buah manggis yang baru dibeli ibu di pasar lalu ibu
memutuskan meberikan 2 buah manggis yang berukuran kecil reno dan meletakan
1 buah manggis yang tersisa untuk nugie di atas meja makanya.
Dengan
perasaan sedikit kesal dan kecewa atas manggis pemberian ibunya ,reno
berinisiatif menukar buah
manggisnya dengan buah manggis kepunyaan nugie. Seelah menukar buah
tersebut,reno tidak sabar ingin
menikmati buah itu .reno langsung
mengupas buah itu dan ternyata bagian
tengah dari buah itu sudah busuk dan tidak dapat di makan ,reno semakin kecewa atas perbuatan yang telah
dilakukannya.
Tidak
lama kemudian nugie bangun ,lalu ibu memadikanya kemudian menyiapkan makanan untuk
nugie setelah makan nugie memintak
ibu untuk mengupaskan buah
untuknya.ibu mengupas buah tersebut didepan reno dan nugie
ternyata buah yang nugie dapat masih
bagus dan terasa manis melihat kejadian itu reno
menjadi semakin kecawa
dan menyesal lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar