Senin, 03 Desember 2012

sumber belajar


SUMBER BELAJAR DAN ALAT PERMAINAN TK
A.    Sumber Belajar di TK
a.       Pengertian sumber belajar
Sumber belajar adalah segala macam bahan yang dapat di gunakan untuk pemberian informasi maupun berbagai keterampilan kepeda murid maupun guru. Demikian pula dengan alat permainan termasuk salah satu sumber belajar.
Contoh sumber belajar yang lain adalah: buku referensi, buku cerita, gambar-gambar, nara sumber, benda atau barang budaya, tempat-tempat khusus dan lain-lain.
b.      Fungsi sumber belajar
Fungsi sumber belajar dalam pembelajaran adalah memberi kesempatan untuk mendapat pengetahuan dan memperkaya anak dengan menggunakan berbagai alat, buku, nara sumber dan semua hal yang menambah pengetahuan anak.
Fungsi sumber belajar yang lain adalah meningkatkan perkembangan anak dalm berbahasa. Caranya adalah dengan berbicara dan berkomunikasi dengan nara sumber yang dapat mengembangkan pandangan anak dalam berbagai aspek kehidupan.
c.       Jenis-jenis sumber belajar di TK
·         Tempat sumber belajar alamiah
Sumber belajar dapat berupa tempat yang sebenarnya, kantor pos, kantor polisi, pemadam kebakaran, sawah, peternakan, hutan, perkapalan, lapangan udara dll.
·         Perpustakaan sebagai sumber belajar
Sumber belajar yang dihimpun di perpustakaan merupakan khasanah yang lengkap.



·         Nara sumber
Para nara sumber dapat didata oleh sekolah, sehingga pada saat tertentu mereka dapat dihadirkan dan dipertemukan dengan anak. Kebiasaan mendengarkan suara pembicara lain selain suara gurunya sangat membantu guru dalam memperluas wawasan anak.
Hubungan yang baik dengan tokoh maupun para nara sumber lainnya harus dilaksanakan dengan baik, melalui jalur formal maupun dilaksanakan secara persaudaraan.
·         Media cetak
Yang termasuk media cetak dalah bahan cetak, buku, majalah tabloid, dan sebagainya. Gambar-gambar yang ekspresif dapat memberi kesempatan anak untukbernalar dan mengungkapkan pikirannya dengan menggunakan kosa kata yang makin hari makin canggih. Media ini berperan sekali apalagi dengan adanya pengaruh televisi yang dapat meningkatkan pengetahuan anak sehingga mencapai tingkat yang tidak terduga.
·         Alat peraga
Alat peraga adalah semua alat yang digunakan oleh guru untuk menerangkan atau memeragakan pelajaran didalam proses belajar mengajar.
·         Sumber belajar yang dikunjungi
Ditempat yang mereka kunjungi ini, anak mengamati keadaan yang sebenarnya, anak diberi kesempatan untuk memegang dan mencoba beberapa tugas yang aman bagi anak.
Kegunaan karyawisata bagi anak tidak ternilai. Setelah kunjungan para pendidik memanfaatkan kesempatan akan menindaklanjuti kegiatan tersebut.


·         Ruang sumber belajar
Di sekolah yang lebih teratur administrasinya, pemimpin sekolah berusaha untuk memiliki ruang khusus untuk semua peralatan sekolah. Pengelolaan tempat ini sama dengan perpustakaan.
Ruang tersebut dengan sendirinya harus tertata rapi dengan rak-rak maupun lemari yang dapat dikunci untuk mengimpan barang yang berharga.
d.      Pemanfaatan sumber belajar
1.      Sumber belajar yang dapat diperoleh secara alamiah dari lingkungan terdekat anak.
2.      Sumber belajar yang terdiri atas bermacam-macam alat belajar seperti lat peraga, alat permainan, buku pegangan, perelatan seni, model-medel bagian-bagian tubuh dan bangak lagi yang dapat dikumpulkan.
3.      Sumber belajar yang berupa tempat-tempat yang kita kunjungi.
4.      Perpustakaan dengan semua media cetek dan audio visualnya.
5.      Yang tidak boleh kita lupakan adalah para nara sumber belajar dari berbagai ilmu.
B.     Alat permainan
Alat permainan adalah sumber belajar yang digunakan anak untuk memenuhi naluri bermainnya.
Peralatan tersebut tidak dapat di pisahkan dari kebutuhan anak. Macam alat permainan sebagai pelengkap untuk bermain sangat beragam. Ada yang bersifat bongkar pasang, mengelompokkan, memadukan, mencari padanannya, merangkai,membentuk, mengetok, menyempurnakan suatu desain, menyusun sesuai bentuk utuhnya dan lain-lain.
Semua alat yang dapat dimainkan anak digolongkan sbagai alat permainan.

Fungsi alat permainan adalah untuk mengenal lingkungan dan juga mengajar anak mengenal kekuatan maupun kelemahan dirinya. Dengan alat permainan anak akan melakukan kegiatan yang jelas dan menggunakan semua panca indranya secara aktif. Kegiatan yang aktif dan mengenangkan ini juga akan meningkatkan aktifitas sel otaknya yang juga merupakan masukan-masukan pengamatan maupun ingatan yang selanjtnya akan menyuburkan proses pembelajaran.
Penggunaan alat permainan juga bertahap. Sachiyo tanaka (1995) mengungkapkan dalam penelitiannya tentang pilihan kegiatan bermain bagi anak. Ada kegiatan yang tergolong mudah, sedang dan sulit. Menurut tanaka, alat permainan yang tujuan dan penggunaannya dipersiapkan pendidik juga harus bervariasi. Sesuai dengan derajat kesulitan tersebut lat permainan yang dipersiapkan oleh guru untuk dipilih oleh anak dalam berbagai kegiatan akan menentukan tumbuhnya perasaan berhasil pada anak sesuai dengan kemampuan mereka.
































MEDIA PEMBELAJARAN AUD
TENTANG
SUMBER BELAJAR DAN ALAT PERMAINAN


 







OLEH

KARMILA NOVIANA              54390
                                   



PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Cari Blog Ini